Penyembuhan Untuk Penyakit Sipilis Pada Pria

Penyakit sipilis pada pria adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh bakteri. Penyakit sipilis pada pria dapat menyebabkan gejala yang serius jika tidak segera diobati secara memadai. Jumlah kasus penyakit sipilis telah meningkat. Sebagian besar kasus baru penyakit sipilis terutama tahap awal infeksi diantaranya pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi.

konsultasi

Fakta Umum Mengenai Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis pada pria adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh jenis bakteri. Penyakit sipilis dibagi menjadi beberapa tahapan. Seperti tahap primer, tahap sekunder dan tahap tersier. Penyakit sipilis yang tidak segera diobati dengan tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan serius pada pria.

konsultasi

Penyebab Penyakit Sipilis Secara Umum

Penyakit sipilis pada pria ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan luka penyakit sipilis yang dikenal dengan chancre. Treponema Pallidum adalah penyebab paling umum penyakit sipilis. Chancre dapat terjadi disekitar alat kelamin luar, di dalam vagina, disekitar anus atau di dubur dan didalam atau disekitar mulut. Penularan penyakit sipilis dapat terjadi selama hubungan seks vaginal, seks anal dan seks oral. Selain itu, pada wanita hamil dengan penyakit sipilis dapat menularkan infeksinya pada anak-anak yang belum lahir.

Baca Juga : Sifilis Adalah Raja Singa Dengan Penularan Seksual

konsultasi

Apa Saha Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Pada Pria?

Penyakit sipilis pada pria bisa sangat membingungkan karena ada beberapa tahapan yang berbeda dan bisa tumpang tindih atau terjadi pada waktu yang sama. Kemungkinan tidak adanya gejala sama sekali. Akan tetapi infeksi akan tetap ada meskipun dilakukan pengobatan. Gejalanya dapat bervariasi pada setiap tahapannya dan kemungkinan tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama untuk semua orang.

konsultasi

• Tahap Primer

Luka penyakit sipilis (chancre) muncul, lukanya adalah area infeksi penyakit sipilis yang masuk ke tubuh. Chancre biasanya keras, berbentuk bulan dan tidak terasa sakit atau terkadang terbuka dan basah. Lukanya biasanya tumbuh secara tunggal, namun bisa tumbuh secara berkelompok. Chancre dapat muncul di anus, penis, skrotum dan bibir atau mulut.

Luka dapat bersembunyi di bawah kulit khatan, didalam dubur dan di area lain yang sulit dilihat. Luka penyakit sipilis sangat menular dan mudah menularkan infeksi pada orang lain saat berhubungan seksual. Chancre seperti jerawat atau benjolan yang tidak berbahaya. Lukanya tidak menyakitkan dan dapat muncul di area yang tersembunyi dan kemungkinan tidak diperhatikan.

Chancre biasanya muncul dimana saja antara 3 minggu hingga 3 bulan setelah tertular infeksi. Luka biasanya bertahan sekitar 3 minggu hingga 6 minggu dan kemudian hilang dengan sendirinya. Akan tetapi jika tidak diobati, infeksinya masih berada didalam tubuh bahkan jika lukanya hilang. Pengobatan harus dilakukan untuk menyembuhkan penyakit sipilis dan untuk menghentikan dari perpindahan ke tahap berikutnya.

konsultasi

• Tahap Sekunder

Gejala tahap sekunder termasuk ruam pada telapak tangan, telapak kaki atau bagian lain dari tubuh. Ruam tahap sekunder terkadang sulit dilihat dan biasanya tidak terasa gatal. Kemungkinan juga terasa sakit dan adanya gejala seperti flu yang ringan seperti demam ringan, merasa lelah, sakit tenggorokan, kelenjar membengkak, sakit kepala dan nyeri otot.

Selain itu juga dapat memiliki luka di mulut, vagina atau anus dan berat badan menurun atau rambut rontok. Gejala tahap sekunder dapat bertahan selama 2 minggu hingga 6 minggu dan dapat muncul atau hilang hingga 2 tahun. Mirip juga dengan penyakit umum lainnya. Gejala dari tahap ini akan hilang dengan sendirinya dengan atau tanpa pengobatan. Namun jika tidak diobati, infeksinya dapat berpindah ke tahap selanjutnya yang berbahaya. Oleh karena itu tes atau pengujian penyakit kelamin sangat penting.

konsultasi

• Tahap Tersier

Diantara tahap sekunder dan tahap tersier, kemungkinan ada saat infeksi tahap laten selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Akan tetapi masih memerlukan pengobatan untuk menghilangkannya. Seseorang yang menderita penyakit sipilis sejak lama dapat menghadapi masalah kesehatan yang serius. Tahap tersier dapat menyebabkan tumor, kebutaan dan kelumpuhan.

Ini juga dapat merusak sistem saraf, otak dan organ lainnya bahkan dapat membunuhnya. Penyakit sipilis mudah disembuhkan dengan pengobatan antibiotik pada tahap awal. Kerusakan yang disebabkan oleh tahap tersier ini dapat disembuhkan. Komplikasi dari tahap tersier terjadi dari 10 tahun hingga 20 tahun setelah pertama kali terinfeksi.

penyakit sipilis pada pria

Bagaimana Mendiagnosis Penyakit Sipilis?

Penyakit sipilis pada pria biasanya didiagnosis melalui tes atau pengujian darah. Terkadang swab juga dilakukan. Melakukan tes atau pengujian adalah salah 2 cara yang dapat dipakai untuk mengetahui menderita penyakit sipilis atau tidak. Pemeriksaan akan mencakup tes atau pengujian darah yang mencari antibodi yang diproduksi oleh tubuh melawan infeksi penyakit sipilis.

Jika memiliki luka, biasanya diseka dan diuji. Memerlukan waktu hingga 3 bulan bagi tubuh untuk mengembangkan antibodi, oleh karena itu tes atau pengujian yang dilakukan harus cepat setelah terpapar bakteri yang kemungkinan tidak mendeteksi infeksi. Selain itu, harus melakukan tes atau pengujian kembali setelah 3 bulan kemudian.

konsultasi

Cara Mengobati Penyakit Sipilis Pada Pria

Penyakit sipilis pada pria harus diobati. Penyakit sipilis pada pira dapat diobati dan disembuhkan dengan pengobatan antibiotik dan biasanya dengan pengobatan intravena. Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, ada pengobatan lain yang tersedia. Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang Anda alami.

Pengobatan biasanya diberikan dengan intravena dan kemungkinan melibatkan beberapa dosis atau tunggal, tergantung pada jenis penyakit sipilis yang dimiliki dan tahapan infeksinya. Setelah pengobatan selesai, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan tes atau pengujian darah lebih lanjut untuk memastikan infeksinya telah hilang.

Tes atau pengujian darah ini dapat memantau seberapa baik dalam mereskpon pengobatan. Konsultasikan dengan dokter di Klinik Apollo, dokter dapat menyarankan dan merekomendasikan pengobatan terbaik. Untuk info pengobatan lebih lanjut bisa menghubungi nomor 081233881616 atau dengan layanan dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Sejak Dini Penyakit Sipilis Pada Wanita

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.