Seorang Dengan Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

Penyakit sipilis menular atau tidak? Penyakit sipilis adalah infeksi bakteri menular seksual. Kondisi ini dapat diobati pada tahap awal. Tanpa adanya pengobatan dapat menyebabkan kecacatan, gangguan neurologis dan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri. Ada beberapa tahap dalam penyakit sipilis. Sebagian mempengaruhi pria yang berhubungan seksual dengan pria lagi atau pria yang berhubungan dengan wanita.

konsultasi

Pengertian Umum Penyakit Sipilis Adalah

Penyakit sipilis menular atau tidak jika tidak diobati? Penyakit sipilis adalah infeski bakteri yang biasanya menyebar atau menular melalui kontak seksual. Penyakit ini muncul sebagai luka yang tidak menyakitkan biasanya pada alat kelamin, dubur atau mulut. Penyakit sipilis menyebar atau menular dari orang ke orang melalui kulit atau kontak selaput lendir dengan luka ini.

Penyakit sipilis menular atau tidak? Pada infeksi awal, bakteri penyakit sipilis tidak aktif di dalam tubuh selama beberapa dekade sebelum menjadi aktif kembali. Penyakit sipilis awal dapat disembuhkan, terkadang dengan pengobatan intravena dosis tunggal. Tanpa adanya pengobatan, penyakit sipilis menular atau tidak? Penyakit sipilis dapat sangat merusak jantung, otak atau organ-organ lain dan dapat mengancam jiwa atau ditularkan dari ibu ke anaknya yang belum lahir.

konsultasi

Penyebab Utama Penyakit Sipilis

Penyakit sipilis menular atau tidak? Penyebab penyakit sipilis adalah bakteri Treponema Pallidum. Penularan yang paling umum adalah melalui kontak dengan luka seseorang yang terinfeski selama aktifitas seksual. Bakteri masuk ke tubuh melalui luka yang kecil di kulit atau selaput lendir. Penyakit sipilis menular selama tahap primer dan tahap sekunder dan terkadang pada tahap laten.

Penyakit sipilis dapat menyebar atau menular melalui kontak langsung tanpa pelindung yang dekat dengan luka yang aktif (seperti berciuman) atau melalui ibu yang terinfeksi ke bayinya selama kehamilan atau melahirkan (penyakit sipilis kongenital). Penyakit sipilis tidak dapat disebarkan atau ditularkan melalui toilet, bak mandi, pakaian atau peralatan makan bersama atau dari gagang pintu, kolam renang dan bak air panas.

konsultasi

Tanda Dan Gejala Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

Penyakit sipilis menular atau tidak? Penyakit sipilis berkembang secara bertahap dan gejalanya bervariasi pada setiap tahapnya. Akan tetapi tahapannya kemungkinan tumpang tindih dan gejalanya tidak selalu terjadi dalam urutan yang sama. Kemungkinan terinfeksi penyakit sipilis dan tidak terlihat gejalanya selama bertahun-tahun.

• Tahap Primer

Tanda pertama tahap primer adalah luka yang kecil atau chancre. Luka muncul di area bakteri saat memasuki tubuh. Pada kebanyakan orang yang terinfeksi penyakit sipilis dapat mengembangkan 1 chancre, beberapa orang dapat mengembangkan beberapa chancre. Chancre biasanya berkembang sekitar 3 minggu setelah paparan. Pada kebanyakan orang yang menderita penyakit sipilis tidak memperhatikan adanya chancre karena biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan kemungkinan tersembunyi di dalam vagina atau dubur. Chancre akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3 minggu hingga 6 minggu.

konsultasi

• Tahap Sekunder

Dalam beberapa minggu setelah penyembuhan chancre yang asli kemungkinan mengalami ruam yang muncul pada batang tubuh akan tetapi akhirnya menutupi seluruh tubuh bahkan telapak tanagn dan telapak kaki. Ruam ini biasanya tidak terasa gatal dan dapat disertai luka seperti kutil di mulut atau di area genital. Beberapa orang juga dapat mengalami kerontokan rambut, nyeri otot, demam, sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening. Tanda dan gejala ini dapat hilang dalam beberapa minggu atau berulang kali muncul dan hilang selama 1 tahun.

• Tahap Laten

Jika tidak diobati penyakit ini dapat berpindah dari tahap sekunder ke tahap laten ketika tidak memiliki gejala. Tahap laten dapat berlangsung selama bertahun-tahun. Tanda dan gejalanya kemungkinan tidak pernah kambuh kembali atau penyakitnya dapat berkembang ke tahap tersier.

• Tahap Tersier

Sebagian orang yang terinfeksi penyakit sipilis dan tidak diobati maka akan mengalami komplikasi tahap tersier. Pada tahap tersier, penyakitnya dapat merusak otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hati, tulang dan persendian. Masalah-masalah ini dapat terjadi selama bertahun-tahun setelah infeksi asli yang tidak diobati.

konsultasi

Bagaimana Penyakit Sipilis Didiagnosis?

Penyakit sipilis dapat didiagnosis dengan melakukan tes dan pengujian sampel dari :

• Darah

Tes atau pengujian darah dapat mengkonfirmasi keberadaa antibodi yang diproduksi tubuh untuk melawan infeksi. antibodi terhadap bakteri yang menyebabkan penyakit sipilis tetap ada di tubuh selama bertahun-tahun sehingga tes atau pangujian dapat digunakan untuk menentukan infeksi.

• Cairan Tulang Belakang Otak

Jika diduga mengalami komplikasi sistem saraf penyakit sipilis, dokter kemungkinan akan menyarankan untuk mengumpulkan sampel cairan serebrospinal melalui prosedur yang disebut pungsi lumbal.

penyakit sipilis menular atau tidak

Jika Diobati Sejak Dini, Penyakit Sipilis Menular Atau Tidak?

Penyakit sipilis menular atau tidak? Ketika diagnosis dan pengobatan dilakukan pada tahap awal, penyakit sipilis mudah disembuhkan. Pengobatan pada semua tahap adalah dengan pengobatan antibiotik yang dapat membunuh organisme yang menyebabkan penyakit sipilis. Jika memiliki alergi terhadap pengobatan, dokter dapat menyarankan pengobatan antibiotik lain.

Pengobatan intravena dapat menghentikan perkembangan penyakit ini jika sudah terinfeksi sebelum 1 tahun lamanya. Jika menderita penyakit sipilis lebih dari 1 tahun lamanya kemungkinan memerlukan pengobatan dosis tambahan. Pengobatan akan direkomendasikan oleh dokter untuk wanita hamil dengan penyakit sipilis.

Wanita yang memiliki alergi terhadap pengobatan tersebut dapat menjalani proses desensitisasi. Bahkan jika diobati karena penyakit sipilis selama kehamilan, dan anak yang baru lahir juga harus diobati. Untuk lebih jelas mengenai info pengobatan yang tepat. Bisa langsung menghubungi Klinik Apollo di kontak nomor 081233881616 atau dibawah ini.

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.