Sifilis Adalah Raja Singa Dengan Penularan Seksual

Sifilis adalah penyakit yang dapat mempengaruhi pria dan wanita. Sifilis adalah penyakit yang ditularkan melalui kontak kulit yang dekat dan sangat menular ketika chancre atau ruam muncul. Masa inkubasi untuk sifilis berkisar antara 10 hari hingga 3 bulan. Seseorang dapat tertular sifilis melalui hubungan seks oral, seks vaginal dan seks anal dengan seseorang yang terinfeksi. Kondisi ini juga dapat menyebar atau menular melalui kontak kulit ke kulit jika ruam sifilis muncul. Sifilis adalah penyakit yang dapat ditularkan dari ibu ke bayinya selama kehamilan dan saat kelahiran. Kondisi ini disebut sifilis bawaan.

konsultasi

Pengertian Sifilis Adalah

Sifilis adalah penyakit menular seksual (PMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri seperti halnya PMS lainnya. Sifilis adalah penyakit yang dapat disebarkan atau ditularkan oleh semua jenis kontak seksual. Sifilis juga dapat menyebar atau menular dari ibu yang terinfeksi ke janin selama kehamilan atau ke bayinya pada saat kelahiran. Sifilis dapat menyebabkan kerusakan dalam jangka panjang pada berbagai organ jika tidak mendapatkan pengobatan dengan benar.

konsultasi

Penyebab Utama Sifilis Adalah

Bakteri yang menyebabkan sifilis disebut Treponema Pallidum atau Spirochetes karena bentuknya spiral. Organisme ini dapat menembus ke dalam lapisan mulut atau area genital. Cara agar dapat mengurangi risiko terkena sifilis adalah :

• Selalu melakukan hubungan seks yang aman dengan selalu menggunakan kondom dan peluams berbasis air untuk semua jenis seks.

• Selalu ingat saat sifilis juga dapat menyebar atau menular melalui seks oral.

• Jika menemui pria gay atau pria yang berhubungan seks dengan pria lain, maka harus melakukan tes atau pengujian sifilis dan IMS lainnya setiap 1 tahun 1 kali hingga 4 kali jika memiliki banyak pasangan seksual.

• Konsultasikan dengan dokter jika melihat adanya luka oral, luka kelamin atau luka anal dan ruam pada tubuh, tangan atau kaki yang terkait dengan kontak seksual.

sifilis adalah

Kenali Tanda-Tanda Sifilis Sejak Dini

Infeksi sifilis jika tidak segera diobati dapat berkembang melalui tahapan klinis yang berbeda dengan tanda dan gejala yang khas. Setelah infeksi pertama, gejalanya biasanya muncul sekitar 21 hari setelah infeksi, akan tetapi dapat muncul dimana saja dalam 10 hari hingga 90 hari setelah infeksi.

Baca Juga : Penyebab Penyakit Sifilis Adalah IMS Bakteri Menular

konsultasi

• Tahap Primer

Tahap primer ditandai oleh pembentukan ulkus yang tidak nyeri atau chancre. Luka ini berkembang di area infeksi dan biasanya tunggal. Chancre biasanya berbentuk bulat dan terkadang beberapa chancre bisa muncul. Chancre berisi bakteri yang menular dan kondisinya sangat menular. Setiap kontak dengan chancre dapat menyebarkan atau menularkan infeksi.

Jika chancre terletak di mulut maka ciuman dapat menyebarkana atau menularkan penyakit. Chancre berlangsung selama 2 minggu hingga 6 minggu dan biasanya hilang dengan sendirinya. Penggunaan kondom juga tidak dapat mencegah penyebaran atau penularan penyakit jika chancre terletak pada area tubuh yang tidak tercakup oleh kondom.

konsultasi

• Tahap Sekunder

Jika tahap primer tidak diobati, maka tahap sekunder dapat terjadi. Tahap penyakit ini biasanya terjadi selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan setelah tahap primer. Tahap sekunder ditandai dengan ruam kulit yang biasanya tidak terasa gatal atau ruam yang disebabkan oleh penyakit lain.

Kondisi ini dapat muncul pada semua bagian tubuh termasuk luka di dalam mulut, vagina atau anus. Ruam tahap sekunder sering ditemukan pada telapak tangan dan telapak kaki yang tidak biasa pada kebanyakan ruam. Pada beberapa orang, ruam kemungkinan ringan dan tidak terlalu diperhatikan. Adanya bercak berwarna abu-abu atau putih pada kulit yang disebut kondiloma lata juga dapat berkembang. Terutama di area tubuh yang hangat dan lembab seperti ketiak, mulut atau selangkangan.

Pada tahap sekunder, infekse telah menyebar atau menular ke seluruh tubuh sehingga gejala lain kemungkinan terkait dengan manifestasi kulit. Demam, pembesaran kelenjar getah bening, kelelahan, penurunan berat badan, rambut rontok, sakit kepala dan nyeri otot semuanya terdapat pada tahap sekunder. Gejala-gejala ini akan mereda akan tetapi jika tahap sekunder dari infeksi ini tidak segera diobati, infeksi dapat berlanjut pada tahap tersier.

konsultasi

• Tahap Tersier

Seetelah gejala tahap sekunder hilang, infeksi akan tetap pada tahap laten dalam tubuh jika tidak diobati. Sebagian orang yang terinfeksi dan tidak diobati akan mengembangkan sifilis tahap tersier yang dapat terjadi selama 10 tahun hingga 20 tahun setelah infeksi awal. Tahap tersier ditandai oleh kerusakan pada sejumlah sistem organ dan bahkan bisa berakibat fatal.

Tahap tersier dapat menyebabkan kerusakan pada otak, saraf, mata, jantung, pembuluh darah, hari, tulang dan persendian. Gejala yang dapat ditimbulkan dari tahap tersier termasuk amsalah dengan gerakan, kehilangan penglihatan secara bertahap, demensia, kelumpuhan dan mati rasa. Neurosifilis adalah keterlibatan sistem sarag pusat dan perubahan fungsi neurologis.

konsultasi

Bagaimana Sifilis Didiagnosis?

Pemeriksaan kesehatan seksual secara teratur dengan dokter dapat mendeteksi sifilis dengan menggunakan tes atau pengujian darah. Jika pria melakukan kontak seksual dengan pria lain (termasuk seks oral), maka sangat penting untuk diskrining setidaknya 2 kali dalam 1 tahun. sifilis mudah terdeteksi dengan menggunakan :

• Tes atau pengujian darah sederhana.
• Tes atau pengujian dan metode usap jika adanya luka yang muncul.

Bagaimana Cara Mengobati Sifilis?

Pengobatan yang sangat efektif untuk semua tahap sifilis termasuk sifilis kongenital. Pengobatan awal infeksi diperlukan untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut dan untuk menghindari penularan infeski ke pasangan seksual. Usahakan hindari kontak seksual hingga pengobatannya selesai dan dinyarakan sembuh oleh dokter. Untuk lebih jelas hubungi kami di Klinik Apollo dengan nomor 081233881616 atau dengan menghubungi melalui layanan online seperti dibawah ini. Anda tidak perlu khawatir karena biaya yang harus dikeluarkan sangat terjangkau.

Baca Juga : Atasi Sejak Dini Penyakit Sipilis Pada Wanita

konsultasi

Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang kami sediakan di website m.klinikkelamin.com hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.